• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Tips Terabas Genangan Air

15:58 // by Unknown // ,

Pernah melintasi genangan air atau banjir ? Bagi anda yang tinggal didaerah perkotaan genangan air sangat banyak dijumpai saat hujan datang. Bukan berarti anda harus diam diri dirumah tanpa melakukan aktivitas, menggunakan mobil saat hujan dan melintasi genangan air membuat kita tetap kering namun bagaimana dengan mobil anda ? 
Berikut beberapa tips untuk berkendara melintasi genangan air. 

1. Matikan AC Mobil. 
Hal ini bertujuan agar AC tidak menggangu mesin mobil dan menghindari korsleting pada kelistrikan mobil. Jangan khawatir anda bisa menyalakannya kembali setelah berhasil melintasi genangan air tersebut. 

2. Setengah kopling dan gigi rendah
Agar mesin tidak mati dan mogok digenangan air / banjir ada baiknya anda melakukan perpindahan gigi sebelum memasuki genangan air serta tahan kopling setengah disertai gas yang besar hingga 2.500rpm. 

Untuk matic, gunakan gigi rendah 1 atau L agar mesin tetap stabil dan meminimalkan air yang masuk melalui lubang knalpot. 

3. Ambil Jalan Tengah. 
Biasanya bagian tengah jalan lebih tinggi daripada kiri atau kanan jalan, namun jika genangan melebihi separuh body mobil anda lebih baik jangan diteruskan. 

4. Pengereman setelah berhasil terobos banjir
Setelah berhasil melewati genangan air kanvas rem akan basah sehingga dapat menggangu proses pengeriman. Lakukan pengereman percobaan setelah melewati genangan air. 

Hati hati berkendara saat hujan, konsentrasi dan jaga jarak aman. Semoga bermanfaat.