• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Deteksi Kondisi Mesin Mobil Lewat Knalpot


Mau tahu kondisi mesin mobil, ya ke bengkel. Tunggu dulu, tak perlu ke bengkel hanya untuk tahu bagaimana kondisi mesin mobil kamu, ya itu lewat lubang knalpot.

Serius ? 
iya serius......

Bagaimanakah caranya?

Mudah saja caranya yaitu dengan melihat ujung knalpot, karena knalpot adalah bagian yang paling berhubungan dengan ruang pembakaran didalam mesin sebagai saluran pembuangan.

Coba perhatikan knalpot mobil Anda. 

Pertama
Jika ujung knalpot berwarna keabu abuan atau bersih, maka ini menandakan bahwa kondisi mesin masih cukup bagus. Semua komponen di dalam mesin berfungsi dengan normal. Campuran udara, bensin dan pemantik api dalam kondisi ideal hingga pembakaran didapat. Biasanya, hal ini ditandai juga oleh asap mobil yang tidak berwarna.


Kedua
Jika knalpot yang berwarna hitam. Nah, biasanya keadaan knalpot seperti ini juga diiringi oleh kerak karbon. Hal tersebut disebabkan oleh pembakaran yang tidak sempurna di ruang bakar. Ada kemungkinan filter udara kotor, sehingga tidak ideal untuk pembakaran mesin.

Bisa juga disebabkan oleh buruknya kualitas api dari busi sehingga bahan bakar sampai masuk ke ruang bakar. Bahan bakar yang masuk ke ruang bakar tidak akan ikut terbakar seluruhnya, sehingga sisanya di buang melalui knalpot. Nah, pembuangan tersebut membuat kerak yang menempel pada ujung knalpot.

Biasanya ditandai juga dengan asap kendaraan yang berwarna hitam. Ditambah lagi, mobil bisa menjadi lebih boros dari sebelumnya, bahkan kendaraan kurang bertenaga.

Ketiga 
Jika terdapat rembesan oli di ujung knalpot. Apabila ujung knalpot mobil Anda seperti ini, maka jelas ada masalah pada mesin. Biasanya, disebabkan oleh kerusakan seal klep, ring piston, atau adanya baret pada dinding silinder. Hal tersebut membuat oli masuk ke ruang pembakaran.

Biasanya, kondisi ini ditandai dengan munculnya asap putih saat mesin menyala. Perhatikan kondisi ini, apabila terus dibiarkan, oli akan cepat habis. Anda akan dituntut untuk mengganti oli secara prematur, padahal belum waktunya untuk mengganti. Itu karena oli secara percuma terbuang di ruang bakar.

Segera lakukan pemeriksaan pada seal klep dan ring piston. Karena dua komponen tersebut yang sering kali jadi biang kerok terjadinya kondisi seperti ini. Jika terjadi kerusakan, segera ganti sebelum penyakit lain datang dan membuat mobil Anda semakin parah.