• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

5 Pengecekan Wajib Kendaraan Sebelum Perjalanan Jauh

10:33 // by Unknown // , , ,

Melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan kendaraan pribadi kerap menjadi pilihan untuk menghemat biaya perjalanan. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, agar tidak terjadi masalah saat melakukan perjalanan dengan mobil kesayangan.

Andry Ciu selaku Direktur PT Trans Oto Internasional --pemegang merek bengkel One Station-- mengatakan, banyak pemilik kendaraan yang menganggap sepele dan mengabaikan kondisi kendaraannya.

Padahal, ada lima hal yang patut diperhatikan saat hendak melakukan perjalanan jauh. Jika tidak dilakukan, bisa jadi masalah akan menyapa Anda.

Lantas, apa saja lima hal tersebut?

1. Ban

Pengecekan ban bersifat wajib bagi para pemilik kendaraan yang hendak melakukan perjalanan jauh. Pengecekan meliputi tekanan angin, ban cadangan, serta kondisi kebotakan ban. Hal ini terbilang penting karena jika diabaikan akan meningkatkan risiko kecelakaan.

2. Rem

Sama seperti ban, rem merupakan fitur pada kendaraan yang sangat vital. Mendeteksi kondisi rem dapat dicermati ketika kendaraan melaju. Jika laju kendaraan terasa seperti terhambat atau ketika Anda memperlambat laju kendaraan dan kecepatan kendaraan turun secara drastis, Anda harus segera memeriksa kondisi rem.

Sebab jika dibiarkan terhambat atau bergesekan terlalu lama akan menyebabkan rem menjadi blong tiba-tiba.

Kondisi rem blong ketika kendaraan sedang melaju tentu akan menimbulkan risiko kecelakaan yang dapat mengancam keselamatan pengemudi maupun penumpang.

3. Karet Wiper

Pemeriksaan terhadap karet wiper juga terbilang penting. Jika dalam kondisi terawat, karet wiper akan berfungsi secara optimal, terlebih saat kendaraan dipacu saat kondisi hujan deras.

Biasanya, kondisi karet wiper dapat buruk jika mobil sering dijemur di teriknya matahari. Sebab, suhu yang tinggi dapar 'melelehkan' karet yang akan menyebabkan kaca buram dan garis-garis saat digunakan.

4. Aki

Aki berfungsi sebagai media penyimpan dan pensuplai arus listrik pada waktu kendaraan di-starter. Fungsi lainnya sebagai pemasok arus listrik untuk kebutuhan lampu-lampu waktu kendaraan berhenti atau parkir di malam hari.
Selain itu, aki juga berfungsi mengalirkan aliran listrik untuk alarm, jam elektronik, dan sebagainya saat mesin mati. Jika kondisinya buruk, tentu perjalanan jauh Anda akan bermasalah.

5. Kelistrikan

Kelistrikan juga menjadi salah satu hal penting yang wajib diperiksa. Sebab, jika kelistrikan mobil tak sempurna, mobil memiliki risiko terjadinya korsleting.